BANJARMASIN aktualkalsel.com—Seperti yang sudah diperkirakan kalangan pedagang akan terjadinya lonjakan harga cabai, per akhir pekan keempat November 2021, itu menjadi riil.

Di pasar induk Sentra Antasari Banjarmasin, Minggu 28 November 2021, harga cabe rawit besar kualitas sedang sudah mencapai Rp65 ribu perkilonya dari yang semula di kisaran Rp20 ribu atau mengalami lonjakan harga hampir 200 persen.

“Bawanya ga berani banyak, kualitasnya juga yang seperti ini,” ujar seorang penjual cabe dan sayuran di pasar itu sambil menunjuk stok cabe yang dijualnya tidak banyak.

Bahkan, banyak pedagang sayur yang tidak berani menjual cabe untuk alasan tingginya harga serta ancaman busuk bila permintaan pasar menurun.

Seorang pedagang sayur yang tergolong besar di pasar induk itu mengaku tidak menjual cabe karena barangnya sulit didapat.

“Banyak kosongnya di kulakan,” ujarnya.

Selalu terkesan receh, sebenarnya kenaikan komoditas cabe ini sangat berpengaruh terhadap transaksi kuliner secara umum karena hampir semua kategori makanan tidak bisa terlepas dari si pedas ini, dari skala besar sampai pinggiran jalan.

Dengan harga baru yang menguras dompet ini, pedagang makanan siap saji atau gorengan sudah merasakan tingginya cost yang harus dikeluarkan untuk penyediaan pernik penyempurna menu yang paling dicari pembeli ini.(uumsri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here