Hernadi Wibisono, Kabid Bina Marga PUPR Tanah Bumbu.( foto/ sukrie)

TANAH BUMBU, aktualkalsel.com — Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu merencanakan membangun kembali Jembatan Batu Harang di Desa Mentewe, Kecamatan Mentewe pada 2022 dengan konstruksi baja.

” Jembatan ini beberapa kali diterjang banjir, diperbaiki dan hancur lagi,” kata Kabid Bina Marga Kabupaten Tanah Bumbu Hernadi Wibisono kepada aktualkalsel.com, Rabu ( 15/9/2021 ).

Beberapa waktu lalu jembatan ini kembali rusak akibat banjir kemudian diperbaiki.
Jembatan dengan lebar tiga meter, panjang bentang sekitar 40 meter, sudah bisa dilalui.

Meski jembatan ini sifatnya hanya sebagai jembatan darurat, namun bisa di lewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Kerangka baja jembatan yang akan dibangun nantinya bahannya diambil dari jembatan Suka Damai yang akan tidak difungsikan lagi. Karena berdasarkan ketentuan masuk kategori tipe C, jadi sudah tidak sesuai dengan kondisi sekarang.
” Artinya jembatan Suka Damai yang lama akan kami geser jembatan Batu Harang,” jelasnya.

Di samping jembatan Suka Damai, saat ini sudah dibangun jembatan baru dengan tipe A dengan lebar sembilan meter dan panjang sekitar
40-50 meter dari arah Teluk Kepayang. Karena sudah masuk kategori jalan nasional.

Jembatan Batu Harang Batu Harang di Desa Mentewe, Kecamatan Mentewe ketika diterjang banjir. ( foto/dok dinas PUPR Tanah Bumbu )

Untuk pembangunan rangka baja jembatan diperlukan dana sebesar Rp5 miliar yang dipergunakan membongkar jembatan Suka Damai lama, dan menempatkannya ke jembatan Batu Harang yang ada.

” Baut-baut yang lama diganti, kerangka baju tersebut juga akan dilakukan cetak ulang, terutama untuk pondasinya,” ungkap Hernadi.

Untuk pelaksanaannya masih menunggu izin Balai Jembatan, yang mana bekas rangka baja jembatan Suka Damai dulunya pada tahun 8o-an merupakan jembatan transmigrasi.

Untuk peliharaan jembatan, pada 2022 mendatang ada 18 titik yang masuk agenda pemeliharaan, diantaranya di Gunung Tinggi tiga titik, Tibarau Panjang, Ringkit, depan Polsek Pagatan, penambalan jembatan rangka baja di Karang Bintang. A-01/ Edwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here