AMUNTAI, aktualkalsel.com — Bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid terima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka kategori Pejabat Publik dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI atas Dedikasi dan sumbangsih terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

Pengahargaan tersebut disampaikan melalui kegiatan Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2021 yang di selenggarakan di Kantor Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat melalui virtual, Selasa (14/9/2021).

Sebelumnya, penghargaan ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi di sela-sela kunjunganya Bupati HSU ke Gedung Layanan Perpusnas kemaren, Kamis (9/9/2021) yang didamping Kepala Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah HSU Hj. Lailatannur Raudah.

Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamaad Syarif Bando menyampaikan bahwa didalam UUD 1945 bahwa siapapun anak bangsa tugasnya ada empat, yaitu menghidupkan kecerdasan masyarakat, mensejahterakan masyarakat, memastikan NKRI tidak terganggu dan ikut dalam perdamaian dunia.
Maka dari itu peran perpustakaan sangat penting, apalagi di era pandemi covid 19 ini.

Beberapa tahun ini peran pemerintah daerah gubernur, bupati dan Walikota sudah semakin berpihak dalam kebijakan pengembangan perpustakaan.

Wahid juga menjelaskan, dari 416 Kabupaten di Indonesia, hanya tiga bupati yang mendapatkan penghargaan tersebut, yaitu Bupati HSU, Bupati Magetan dan Bupati Lampung Barat.

“Penghargaan ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya selaku Bupati HSU dan juga bagi masyarakat HSU, apalagi penghargaan ini diberikan di tengah pandemi covid 19, yang menunjukkan bahwa meski di tengah pandemi covid 19, kita masih tetap mampu meningkatkan kinerja dan meraih prestasi dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Wahid. dis/edwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here