Supian, ST,MT, Direktur Teknik PDAM Bandarmasih ( foto/sukrie )

BANJARMASIN, aktualkalsel.com – Mewabahnya Covid-19 sejak Maret 2020 lalu membuat perekonomian di semua pihak terdampak. Perekonomian menjadi lesu, dan pendapatan dari sejumlah perusahaan menurun.

Baik perusahaan swasta ataupun plat merah, semuanya merasakan. Semua mengalami kerugian yang cukup signifikan.
Katakanlah PDAM Bandarmasih, salah satu BUMD milik Pemko Banjarmasin.
Sejak pandemi Covid-19 pendapatan perusahan air minum ini mengalami penurunan antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

” Betul, dalam satu bulannya kami mengalami kerugian sebesar itu,” kata Direktur Teknik PDAM Bandarmasih Supian, ST, MT kepada aktualkalsel.com di ruang kerjanya, Senin ( 30/8/2021 ).

Kerugian itu disebabkan banyak tempat usaha yang tutup, demikian dengan sejumlah hotel besar dan restoran di Banjarmasin yang dulunya sebagai pemakai terbesar air PDAM, dan memberikan kontribusi cukup besar.

Hotel-hotel besar dulunya beroperasi sehingga bisa memberikan subsidi untuk pelanggan biasa. Tapi sekarang tidak lagi untuk sementara waktu.
Supian menyebutkan, Duta Mall misalnya, dulunya dalam setiap bulan membayar Rp250 juta perbulan.

Namun setelah ditutup — hanya beberapa saja yang boleh buka — karena Covid-19, maka pembayaran sekarang hanya sekitar Rp40 juta – Rp50 juta sebulan.

Karena tidak beroperasi, akibat diberlakukannya PPKM ( Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ), menurut Supian, mereka hanya membayar biaya beban. Dan kalau ada penambahan lain palingn-paling 10 m2. ” Kalau dulu sebelum covid-19 hampir mereka memakai 10.000 M2 setiap bulannya,” ungkapnya.

Bahkan, jika ada hotel yang masih melakukan pemakaian air ledeng, maka kubikasi tidaklah terlalu besar ketika sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

” Memang kita semua prihatin dengan kondisi Covid-19. Semua berdampak terhadap perekonomian, tidak hanya PDAM Bandarmasih yang air terjualnya menurun, tapi juga termasuk pedagang K5,” kata Supian.

Untuk menanggulangi berkurangnya pemasukan PDAM pihaknya akan melakukan langkah-langkah. Mungkin salah satunya minya bantuan dari Pemkot Banjarmasin. A-01/Edwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here