Direktur Radio Swara Bersujud ( RSB 89.9 FM ) Kabupaten Tanah Bumbu Erni D didampingi ketua dan sekretaris dewan pengawas Radio, ketika berkunjung ke Balmon kelas II Banjarmasin, Rabu ( 7/7/2021 ). ( foto/sukrie ).

BANJARMASIN,aktualkalsel.com — Direktur Radio Swara Bersujud ( RSB 89.9 FM ) Kabupaten Tanah Bumbu Erni D didampingi ketua dan sekretaris dewan pengawas Radio, Rabu ( 7/7/2021 ), berkunjung ke Balmon kelas II Banjarmasin

Kedatangan direktur dan badan pengawas RSB Tanah Bumbu disambut hangat kepala Balmon Kelas II Banjarmasin Mujiyo, didampingi Sanusi, salah satu petingginya.

” Kedatangan kami ke sini untuk konsultasi ingin memindahkan pemancar RSB dan adanya keinginan Bupati Tanah Tanah Zairullah membangun stadion radio baru yang dikhususkan bagi majelis Darul Azhar Batulicin,” kata Erni yang berbicara Ketua Dewan Pengawas RSB Ardiansyah dan sekretarinya Sukriansyah.

Menurut Erni, berdasarkan data administrasi antena ( pemancar radio ) RSB berlokasi di wilayah Kecamatan Kusan Hilir, pasnya di kantor DPRD Tanah Bumbu.
Sementara kantornya masuk wilayah Kecamatan Batulicin.

” Tempat kantor radio kami itu satu komplek dengan kantor bupati,” jelasnya.
Dengan demikian, Erni berkeinginan pemancar yang ada lokasinya pindah ke Batulicin.

Menurut Mujiyo, untuk masalah seperti ini, pihaknya tidak bisa memberikan izin. Karena ada aturan yang mengikat, yakni
perubahan data administrasi, perpindahan alamat/lokasi dan data teknis stasiun radio harus mendapatkan persetujuan dengan mengajukan permohonan perubahan kepada Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Perubahan data stasiun radio yang mengalami perubahan data teknis, misal penggantian perangkat dengan spesifikasi teknis yang berbeda, ) atau pindah lokasi stasiun radio harus dilakukan analisa teknis.

” Kalau antenanya bergeser dalam satu wilayah administrasi itu dibolehkan. Sementara pemindahan wilayah tidak bisa. Apalagi di Batulicin sudah padat kanalnya,” ungkap Mujiyo.

Penggunaan spektrum frekuensi radio bukan merupakan hak milik perseorangan, instansi pemerintah dan atau badan hukum.
Penggunaan spektrum frekuensi radio harus sesuai dengan Izin

Stasiun radio dan dilarang merubah dan atau mengganti frekuensi radio, data administrasi dan data teknis stasiun radio yang telah tercantum dalam Izin Stasiun Radio. SKR/Edwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here