JUM’AT adalah waktu terbaik bagi seorang hamba memohon kebaikan kepada Allah. Di hari itu, Allah akan mengabulkan apa yang diminta hamba-Nya. Jumat juga menjadi waktu terbaik untuk ziarah kubur ke makam orang tua maupun orang saleh.

Dan itu yang dilakukan Plt Kadis PUPR Kabupaten Tanah Bumbu Subhansyah, ST,MT.
Misal, dalam perjalanan ke Tanah Bumbu, selain mampir pada salah satu masjid untuk sholat Jumat berjamaah, dia juga mampir dan ziarah ke kubur ibundanya yang meninggal hampir tiga bulan lalu.

Subhansyah, memang dikenal anak taat kepada ibunda, baik ketika hidup maupun sudah meninggal.

Ketika dari Batulicin ke Banjarmasin atau sebaliknya, Subhansyah selalu menyempatkan ziarah kubur. ” Ziarah kubur ke makam ibu saya, selalu dilakukan jika ada kesempatan. Terutama saat balik ke Banjarmasin dari Tanah Bumbu atau sebaliknya,” kata kepada aktualkalsel.com, Jumat ( 4/6/2021 ).

PAHALANYA BESAR
Dalam kitab AlBujairomi alal khotib diterangkan bahwa menziarahi kuburan kedua orang tua atau salah satu dari orang tua pada hari Jumat itu pahalanya seperti haji, bahkan lebih besar.

Hari Jumat Waktu Terbaik Panjatkan Doa untuk Orang Tua
وَفِي رِوَايَةٍ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ كُلَّ جُمُعَةٍ أَوْ أَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُ يَس وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ ذَلِكَ آيَةً وَحَرْفًا وَفِي رِوَايَةٍ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ كَحَجَّةٍ

“Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa dallam bersabda, ‘Siapa saja yang menziarahi (makam) kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya setiap Jumat, lalu membaca di dekatnya Surat Yasin dan sejumlah ayat Alquran, maka diampuni baginya dosa sebanyak ayat dan huruf,’ dalam riwayat lain, ‘Siapa saja yang menziarahi (makam) kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya pada hari Jumat, maka itu bernilai ibadah haji,’” (Lihat Al-Bujairimi, Tuhfatul Habib alal Khatib, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1996 M/1417 H], cetakan pertama, juz II, halaman 573).

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal agar masuk surga
dalam riwayat lain disebutkan keutamaan ziarah kubur di hari Jumat.

وَقَدْ رَوَى الْحَكِيمُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ مَنْ زَارَ قَبْرَ أَبَوَيْهِ أَوْ أَحَدَهُمَا فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً غَفَرَ اللَّهُ لَهُ وَكَانَ بَارًّا بِوَالِدِيهِ

“Al-Hakim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. dengan keadaan marfu’, ‘Siapa saja yang menziarahi sekali makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya pada setiap Jumat, niscaya Allah mengampuninya dan ia tercatat sebagai anak yang berbakti kepada keduanya,’” (Lihat Al-Bujairimi, Tuhfatul Habib alal Khatib, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1996 M/1417 H], cetakan pertama, juz II, halaman 573). iNews.id/SKR/Edwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here