Seperti Mimpi, Semurah Ini Harga Sayur Kacang Panjang

BANJARMASIN aktualkalsel.com–Sayur kacang panjang mengalami harga anjlok di titik yang nyaris tidak masuk akal. Di Sentra Antasari Banjarmasin bahkan ada yang menjual dengan harga rp 2 ribu per kilogramnya.

“Seperti gak percaya ketika pedagangnya menyebut harga Rp 2 ribu untuk satu kilonya. Muarahnya gak masuk akal,” ujar Soleh, pembeli di pasar itu awal pekan ketiga Maret 2021.

Harga itu setara dengan dua butir gorengan pinggir jalan bahkan lebih murah dari segelas teh manis di warung warung kopi.

Anjloknya harga kacang panjang ini bertahan hingga beberapa hari setelahnya. Pada Kamis 25 Maret 2021 sempat mengalami kenaikan sedikiit yaitu Rp 3 ribu.

“Itupun dijual dengan timbangan lebih satu kilo per ikatnya,” ujar pembeli di pasar induk itu.

Harga di pasar induk juga sangat menpengaruhi harga di pasar pasar tradisional di Banjarmasi yang rata rata menjual per kilonya antara Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu.

Panen kacang panjang yang melimpah menyebabkan sayuran jenis ini stoknya menumpuk di pedagang pedagang utama Pasar Sentra Antasari.

Sebelumnya pada Januari hingga pertengahan Februari 2021 kacang panjang harganya sempat melejit mencapai Rp 16 ribu perkilonya. (uumsri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here