BANJARMASIN Aktualkalsel.com –
Keputusan hakim Mahkamah Konstitusi
Berupa Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga kelurahan wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, disambut legowo oleh Tim Hukum Pasangan Calon (Paslon) 02 Ibnu Sina – Arifin.

“Kami bersyukur, legowo dan menghormati putusan MK itu,” ujar mereka kepada pers di Banjarmasin Senin 22 Maret 2021 malam.

Sidang sengketa di MK itu membatalkan hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin yang menyatakan pasangan 02 Ibnu-Ariffin sebagai pemenang Pilkada Walikota Banjarmasin 2020.

Kepada awak media saat jumpa pers di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin, Ketua Tim Hukum Paslon 02, Imam Satria Jati juga merinci peta suara yang akan diperebutkan paslon 02 dan 04 dalam pemungutan suara ulang di Kelurahan Murung Raya, Basirih dan Mantuil itu.

Menurutnya, dari tiga kelurahan yang melaksanakan PSU, terdapat sekitar 30 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan total 80 TPS . Dengan perincian, Murung Raya 23 TPS, Kelurahan Mantuil 29 TPS dan Basirih Selatan 28 TPS.

“Total suara yang diperselisihkan di MK kisaran 2.250. Dikurangi dengan sekisih itu raihan suara Ibnu-Ariffin masih unggul sekitar 14 ribu dari paslon 04 yang menggugat,” ujar Imam Satria.

Sementara, menurut dua, jumlah daftar pemilih di tiga kekurahan itu sekitar 30 ribu.

“Mudah mudahan dalam PSU nanti kita bisa mencapai suara 50 persen dari 30 ribu itu, atau sekitar 10 ribu saja Insyaa Alloh bisa menang,” ungkapnya.

Paskaputusan MK ini, imam mengharapkan, tidak ada lagi isu-isu kecurangan, apalagi tudingan TSM (terstruktur dan masif) karena tidak terbukti secara hujum.

“MK menyatakan tidak ada kecurangan itu. Oleh karenanya semoga kedepan tidak lagi ada isu-isu tersebut,” tuturnya.

Ketua tim hukum tersebut pun berharap, pelaksanaan PSU akan berjalan lancar dan tidak ada yang golput.

“Atas dasar keputusan ini, maka kami himbau kepada masyarakat untuk mengikuti PSU di 3 Kelurahan ini. Semoga pelaksanaan PSU yang dalam waktu 30 hari kedepan ini, dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses. Dan Banjarmasin akan mendapat pemimpin yang baik dan layak, yang sesuai harapan warga Banjarmasin,” Pungkasnya. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here