Pembangun jembatan HKSN 01 hingga sekarang tidak diketahui sudah berapa persen kemajuannya ( foto/ Yusuf Hamnu ).

BANJARMASIN, aktualkalsel.com — Masyarakat di sekitar Kuin Utara -Alalak, Kecamatan Banjarmasn Utara, mengharapkan pembangunan jembatan HKSN 01 yang menelan biaya Rp 37,1 miliar lebih yang berasal dari APBD Kota Banjarmasin tahun
anggaran 2020 diharapkan selesai dengan batas waktu ditentukan.

” Kami berharap, pekerjaannya selesai tepat waktu,” kata Atul, penjual buah yang tidak jau dari lokasi pembangunan jembatan,” katanya kepada aktualkalsel.com, Senin lalu.

Menurut Atul, sepengetahuannya pembangunan jembatan ini, dibangun ketika kepemimpinan Ibnu Sina sebagai walikota dan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin — waktu itu dijabat — Arifin Noor yang pada pilkada 2020 lalu menjadi wakil Ibnu Sina yang kembali maju sebagai walikota dan menang.
Dan saat ini sedang bersengketa di MK.

Pembangunan jembatan baru lokasinya persis disamping jembatan yang sudah ada, menghubungkan Jalan Kuin Utara dan HKSN ( dekat makam Sultan Suriansyah ) dengan Jalan Cerucuk ( Kuin Selatan ).

” Jembatan yang lama tetap kita pertahankan. Dan jembatan baru fisiknya lebih tinggi sedikit dibanding yang ada,” kata Arifin kepada wartawan usai berziarah ke makam Sultan Suriansyah, pada Juli 2020 lalu.

Proyek pekerjaan jembatan dikerjakan kontraktor pelaksana PT Trias Karya dan konsultan pengawas, CV Adihanman Tata Rancang dengan waktu 210 hari kalender, terhitung sejak kontrak diteken dari proyek yang dilelang per 10 Maret 2020 itu.

Rencananya tahun 2021ini pekerjaan jembatan selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Sementara itu, PLT Kadis PUPR Kota Banjarmasin Windiasti Kartika, ST, MT ketika dikonfirmasi soal sejauhmana kemajuan pembangunan fisin jembatan Kuin O1 melalui pesan di WA, Selasa ( 23/2/2021 ) , tidak bisa memberikan penjelasan sedikitpun.
Kemungkin Windiasti, tidak tahu sejauhmana proyek pembangunan jembatan Kuin O1 hingga saat ini, meski dirinya sudah ditunjuk sebagai Plt Kadis PUPR.

Seharusnya, sebagai salah satu kandidat Kadiskominfo Banjarmasin, pandai menjembatani dan memberikan informasi yang berkaitan dengan informasi publik. Yusuf/SKR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here