PELIHARI, aktualkalsel.com — Bupati Kabupaten Tanah Laut Sukamta memberikan bantuan berupa uang tunai kepada dua Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terdampak bencana angin puting beliung di Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi Makmur pada Selasa (26/1/2021).

Dan uang yang diberikan tersebut diambil dari kantong pribadi sang kepala daerah kepada dua Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terdampak bencana angin puting beliung di Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi Makmur.

Kedua rumah yang dibantu adalah milik M. Yani dan Sarkani yang memiliki kerusakan parah dan ringan pada bagian atap bangunan.

Bencana angin puting beliung yang menimpa rumah milik mereka tersebut terjadi pada , Senin (25/1/2021) pagi sekitar pukul 06.00 Wita.

Rumah milik Yani rangka atasnya yang terbuat dari kayu dan atapnya dari material seng, terbongkar habis hanya meninggalkan dinding dan lantai bangunan.
Sedangkan rumah milik Kani mengalami kerusakan pada atap bangunan dan saat ini sementara ditutup menggunakan terpal.

Kani mengungkapkan , saat kejadian keluarga mereka baru dua hari pulang dari tempat pengungsian akibat musibah banjir.“ Meskipun atap rumah kami rusak kami bersyukur tidak ada korban jiwa,”ujarnya.

Lebih lanjut Kani mengucapkan terimakasih karena telah mendapat bantuan uang tunai untuk memperbaiki atap rumah yang rusak akibat angin puting beliung.

Sukamta memberikan dana tunai kepada Yani sebesar Rp3 juta dan Rp2 juta kepada Kani, bantuan ini diharapkan dapat membantu memperbaiki tempat tinggal mereka.

“Semoga bisa membantu untuk perbaikan bangunan rumah yang rusak,” katanya.

Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat Tala untuk selalu siaga dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini.

“Kemarin baru saja kita diterpa musibah banjir yang luar biasa, dan kemarin secara tiba-tiba ada musibah angin puting beliung yang melanda Desa Handil Birayang Bawah. Saya harap seluruh warga Tala selalu siaga dengan bencana yang bisa datang kapan saja,” kata Sukamta mengingatkan. Hum/ Edwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here