KARANG BINTANG — Hampir dalam setiap kampanye di desa-desa, di Kabupaten Tanah Bumbu, Zairullah selalu menyebut pengusaha terkemuka Banjarmasin Anton Gunadi, yang sekarang lebih banyak bermukim di Jakarta.

Zairullah pasti menyebut nama Anton Gunadi ketika bercerita awal berdirinya Tanah Bumbu. Kemudian membangunnya hingga daerah ini maju dan berkembang seperti sekarang.

” Pak Anton Gunadi, berjasa atas berdirinya kabupaten ini,” kata Zairullah ketika berkampanye di Desa 2 Pematang Ulin, Kecamatan Karang Bintang, Kamis ( 26/11/2020 ).

Tanah Bumbu merupakan daerah pemekaran dari kabupaten Kotabaru pada 2003, dan Zairullah ditunjuk menjadi penjabat bupati Tanah Bumbu periode 2003- 2005.
Kemudian pada 2005 – 2010 menjadi bupati definitif.

Kala itu cerita Zairullah, tidak ada orang yang mau menjadi pejabat di Tanah Bumbu. Karena daerah pemekaran. Belum bisa menjanjikan apa-apa. Dan banyak tidak menyangka, Tanah Bumbu bisa maju, mengingat APBDnya waktu itu minim sekali sehingga Zairullah harus peras keringat cari uang untuk membangun Bumi Bersujud.


Apalagi kala itu harus siapkan duit cash Rp800 juta.
” Karena mendesak, saya harus menggadaikan rumah pribadi sayadi Banjarmasin kepada Pak Anton Gunadi sebesar Rp800 juta,” katanya.
Sebelum ketemu Anton Gunadi, Zairullah menghubungi drg. Bugi Luminta, yang kala itu menjadi stafnya di Dinas Kesehatan untuk dihubungkan dengan pemilik PT Bina Banua Grup itu.
Dan dengan sukacita Anton Gunadi waktu itu bersedia membantu,
karena niat tulus Zairullah membangun Tanah Bumbu. Edwan/SKR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here