BANJARMASIN, aktualkalsel.com – Masyarakat Kalimantan Selatan dihebohkan dengan adanya surat edaran yang berisikan pemberitahuan Haul ke-16 Al’alimul Allamah Al ‘Arif Billah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul ditiadakan.

Surat tersebut berisikan Pemberitahuan dan Imbauan yang diterbitkan oleh Mushalla Ar Raudhah Sekumpul, Martapura, ditandatangani kedua putera Guru Sekumpul, yakni Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali. Surat edaran itu ramai beredar di media sosial, dan menjadi pembicaraan warga.

Muhammad Yusuf – Sekretaris DPD KNPI Kalsel

Sekretaris DPD KNPI Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf menilai penundaan haul guru sekumpul ke 16 pada 2020 sudah tepat. Namun, ia menyarankan masyarakat tetap ingin menggelar bisa melaksanakan di daerahnya masing-masing.

“Disaat ini kita belum terbebas dari Covid-19, jadi kita mengharapkan kepada masyarakat jangan berkumpul dulu untuk sebanyak-banyaknya dan bisa menjaga protokol kesehatan kurang lebih seperti itu,” ucapnya saat dikonfirmasi awak media, Minggu (22/11/2020).

Meski ditiadakan, namun ia menyarankan masyarakat tetap ingin mengadakan haul bisa dilakukan di daerahnya masing-masing.

“Artinya karena kecintaan kita dengan guru sekumpul, kita sangat menyayangi beliau, kalau menurut ulun (saya) bisa aja diadakan dilingkungan sekitar,” ujarnya.

Seperti tidak terlalu mengumpulkan orang banyak, dan tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19.

“Kita tidak bisa juga melarang, karena kecintaan masyarakat kapada abah guru. Tapi minimal, kita bisa tetap melakukan haul tapi tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan, karena ulun (saya) melihat saat ini kita maulid pun kadang sedih juga tidak menjalankan protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker,” ungkapnya.

Lebih jauh ia menyarankan, agar peran pemerintah daerah (pemda), dan tokoh masyarakat ada di wilayah masing-masing agar bekerjasama memberikan imbauan.

“Kepada masyarakat agar jangan dulu untuk tahun yang akan kita rayakan ini, kalau bisa dilaksanakan dimasing-masing lingkungan sekitar saja, karena kondisinya kita belum terbebas dari covid-19,” tandasnya. Edwan/Age

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here