BANJARMASIN, Aktual—“Mirip tudung wajah yang digunakan artis artis program intertainment di televisi ‘brownis’ ,” ini komentar pujian seorang fesbuker di Banjarmasin terhadap masker inovasi terbaru yang diluncurkan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin.

Masker untuk difabel ini foto fotonya dipanerkan di media sosial hingga mendapat respons positif dari babyak ferbukers.

Masih terbuat dari kain sasirangan, namun masker khusus bagi para difabel khususnya tunarungu dan tunawicara itu hanya bagian menutup hidung yang terbuat dari kain sementara untuk bagian depan mulut menggunakan plastik transparan sehingga memudahkan bagi difabel untuk berkomunikasi baik antarmereka maupun dengan nondifabel yang jadi lawan bicara mereka, termasuk penerjemah.

Sementara tudung plastik transparan yang dikenakan para artis pemandu acara ‘brownis’ seperti Ruben Onsu, Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting plastik untuk menutup seluruh wajah. Sejak sepekan ini, bintang tamu dan host program tengah hari ini mengenakan tudung wajah transparan.

“Inshaa Alloh, Masker khusus ini akan kami bagikan gratis ke seluruh difabel di Banjarmasin,” ujar Muhammad Arifin, pentolan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin, Rabu 29 April 2020.

Menurut Arifin, kini pihaknya sudah memproduksi sekitar 200 lembar lebih masker khusus ini.
Dengan desain khusus ini, para tunawicara dan tunarungu, tetap bisa berkomunikasi dengan baik walau tengah menggunakan masker.

“Komunikasi mereka kan tanpa kata melainkan mengandalkan isyarat gerakan bibir. Masker transparan ini tepat guna bagi mereka,” ujar Pemuda Pelopor Kalsel 2006 ini.

Sejak mewabahnya virus covid 19 di dunia termasuk di Banjarmasin, Rumah Kreatif telah memelopori pembuatan masker dari kain sasirangan yang dibagi secara gratis kepada para pekerja di jalanan, tenaga medis, jurnalis yang menbutuhkan. Uumsri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here