Salah satu warga Kuin Utara, Sunah Aida, pelanggan PDAM Bandarmasih yang termasuk kategori MBR, ketika melihat jumlah pemakaian air di alat pembaca meter miliknya. ( foto/edwan )

BANJARMASIN, aktualkalsel.com — Langkah PDAM Bandarmasih memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan yang termasuk dalam kategori MBR diamini salah seorang pelanggan perusahaan milik Pemko Banjarmasin itu, Mukhyar, warga Kuin Utara, RT 14.

” Alhamdulillah ada diskon dari PDAM,” kataMukhyar yang bekerja pada salah satu perusahan jasa cuci pakaian ( laundry ), Sabtu ( 4/3/2020 ).

Didampingi isterinya Sunah Aina, Mukhyar mengatakan, setiap bulannya bayar rekening PDAM Rp60 ribu. ” Memasang leding ini pun gratis dulu. Saya lupa, katanya waktu itu PDAM ada program menggratiskan pemasangan baru PDAM bagi mereka yang masuk kategori kurang mampu,” kata Sunah menambahkan.

Sementara itu Direktur Tenik dan Operasional PDAM Bandarmasih Supian kepada aktualkalsel.com mengatakan, diskon pembayaran 50 persen hanya selama dua bulan.

” Dimulai bulan pemakaian April dibayar Mei dan pemakian Mei dibayar Juni. Jadi diskon hanya dua bulan,” kata Supian, Jumat ( 3/4/2020 ).

Supian, Direktur Teknik dan Operasional PDAM Bandarmasih, di ruang kerjanya.( foto/edwan ).

Menurut Supian, ada sekitar 27.300 pelanggan yang mendapat keringanan tagihan dengan kategori A.1.1, dan A.1.2.

Supian mengungkapkan, diskon 50 persen untuk pelanggan MBR, diambil setelah PDAM dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengadakan pertemuan membahas masalah pembayaran tarif PDAM disaat virus Corona menjadi momok masyarakat, karena kebebasan semua orang beraktifitas dibatasi.

Untuk mengurangi penyebaran virus Corona, pemerintah daerah meminta masyarakat berdiam di rumah saja selama 14 hari.

Dan hal ini berdampak terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sehingga sesuai arahan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, PDAM memberikan diskon 50 persen untuk pembayaran rekening PDAM.

Supian mengakui, tidak semua pelanggan PDAM mendapatkan diskon, karena hal ini berkaitan dengan kemampuan keuangan perusahaan.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini perusahaan plat merah itu tidak lagi mendapatkan penyertaan modal dari Pemko Banjarmasin untuk mengembangkan jaringannya, termasuk penggantian pipa distribusi untuk disalurkan ke rumah- rumah pelanggan.

Seperti yang beritakan sebelumnya Ibnu Sina kepada sejumlah wartawan, Kamis (2/4/2020) siang, mengatakan, diskon 50 persen oleh PDAM hanya untuk pelanggan kategori MBR. SKR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here