Foto net

BEBERAPA nama kuliner khas Banjar ini ikutan sering disebut sebut, paska diyatakannya tiga jenis rempah khas Indonesia ini sebagai ‘vaksin’ mencegah virus corona.

Sayur asam kuning, hampir tak ada masyarakat Kalsel yang tak kenal dengan masakan berkuah satu ini. Kuahnya berwarna kuning dihasilkan dari kunyit yang dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Kunyit salah satu dari tiga empon empon —jahe dan temulawak— yang disebut ahli kesehatan sebagai rempah yang mampu mencegah virus corona. Bersama kunyit ada sejumlah sayuran hijau sebagai kelengkapan sayur asam kuning, yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar daya tahan tubuh terjaga.

Sebagai penyegar aroma , kuliner ini biasanya ditambah dengan batang sereh yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Pepes ikan kuning, ini di daftar kuliner khas Kalsel juga masuk kategori favorit. Ikan segar yang dibungkus daun lalu dikukus itu,sebelumnya dilumuri bumbu yang kaya akan rempah. Warna kuning bumbu juga dihasilkan dari kunyit yang dihaluskan bersama bumbu lainnya seperti bawang merah dan putih serta kemiri. Di masakan ini juga ditambah dengan batang sereh plus jahe. Dua empon empon yang direkomendasikan ahli kesehatan sebagai pencegah virus corona: jahe dan kunyit.
Rasanya? Paduan dari gurih dan segar hingga benar benar maknyuz.

Panggang kaluk. Maknyuz nya tidak diragukan lagi. Walau bisa menggunakan berbagai ikan, tetapi resep khas yang satu ini identik dengan penggunaan ikan haruan atau gabus. Bumbu dan rempah yang digunakan sama dengan untuk pepes kuning. Hanya saja ada yang menambahkannya dengan cabe besar merah untuk lebih menebalkan warna ketika sudah dipanggang.

Satu lagi, nasi kuning. Juga mengandung kunyit yang tidak sedikit karena warna kuning nasi sepenuhnya didapat dari warna kunyit. Hanya saja nasi kuning menggunakan santan, sehingga pelaku diet dan pasien kolesterol kerap menghindari kuliner yang banyak di jual pagi hari ini.

Dan, ini baru sebagian. Masih ada kuliner khas banua yang kaya rempah. Bahan bahannya pun dari alam inshaa Alloh thoyiban. UumSri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here