HUJAN diiringi petir akhir skhir ini menjadi cuaca yang membuat kita was was penuh khawatir. Ancaman banjir serta angin kencang seolah akan mengiringi cuaca buruk ini.

Belum lama ini grup wa dari masjid ke masjid membagikan dua doa yang sebaiknya kita baca ketika hujan lebat dan petir saling menyambar, terjadi. Doa ini pula yang dibaca Rasulullah ketika alam diselimuti cuaca yang dianggap manusia kurang bersahabat ini dan sangat mengkhawatirkan.

Doa pertama adalah dibaca ketika mendengar petur yang mencemaskan kita: Subhaanal-ladzii yusabbihur-ro’du bihamdihi, wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya, Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya.

Dia ini terdapat dalam hadis shahih yang diriwayatkan Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no 723, dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Adab al-Mufrad no. 556.

Doa kedua ketika hujan sabgat lebat turun hingga memunculkan kekhawatiran terjadinya banjir atau agar hujan berhenti: Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allaahumma ‘alal aakaami wazh-zhiroobi, wa buthuunil audiyati wa manaabitisy-syajari.

Artibya, Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan menimpa kami. Ya Allah, berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. Uumsri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here