Lapak Ngaji Minggu Padi di Taman Kamboja

BANJARMASIN AKTUAL– Sejumlah anak muda yang tergabung dalam forum berlabel We Inspire, membuka kegiatan mengaji di Taman Hijau Kamboja Banjarmasin setiap Minggu pagi.

Kegiatan mengajak mengaji sebentar bagi pengunjung taman terbuka itu oleh relawannya diberi nama Lapak Mengaji Minggu Pagi.

“Lapak ngaji kami ini sudah berlangsung sejak Maret 2019,” ujar Baihaqi, salah satu penggagas syiar Alquran ini.

Menurutnya, lapak ngaji diadakan setiap dua pekan sekali di hari Minggu pagi,” jelasnya ketika ditemui pada Minggu 1 Desember 2019 di spot kegiatan mereka. Lapak ngaji akan digelar lagi pada Hari Minggu pagi pertengahan Desember ini.

Ada belasan ustad dan ustadzah yang siap duduk berlapak di hadapan meja meja kecil menunggu pengunjung Taman Kamboja yang berniat belajar membaca Alquran ataupun pemula.

Lapak Mengaji ala anak muda We Inspire ini dengan aktif mengajak pengunjung taman yang bersantai di taman itu untuk singgah di lapak mereka yang berada di bawah pohon pohon rindang.

Menurut Baihaqi, ini salah satu cara mereka mengajak anak anak pengunjung taman untuk mencintai Alquran.

“Alhamdulillah respons mereka cukup baik. Ada sekitar 50 anak yang singgah di lapak ngaji kami untuk belajar menbaca Alquran. Bahkan ada juga remaja dan orang tua. Yuk siapa saja bergabung ngaji di sini,” ujarnya.

Dengan sabar dan ramah para ustad dan ustadzah itu membimbing anak anak yang sebagian besar dari kalangan kurang terarah, yang ke taman dengan tujuan hura hura ria.

Pada Minggu 1 Desember 2019 itu We Inspired berkolaborasi dengan sebuah lembaga pendidikan tilawatil Quran berdomisi di Gambut. Organisasi yang beranggota lebih 200 guru mengaji ini mayoritas adalah mahasiswa dan alumni UIN Antasari Banjarmasin. Uumsri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here