Ketua YPB Banjarmasin Zairullah Azhar memberikan kenang- kenangan kepada Ikhsan Alhak yang menjadi nara sumber pada seminar nasional AKPARNAS Banjarmasin. Kamis ( 19/7/18). ( foto sukriansyah)

BANJARMASIN, AKTUAL — Akademi Pariwisata Nasional ( AKPARNAS ) Banjarmasin ditantang untuk melahirkan wirausaha baru pada industri parawisata di daerah ini.
” Ke depan lulusan AKPARNAS Banjarmasin bisa ciptakan wirausaha baru dan jangan berharap jadi pegawai negeri, ” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin Ikhsan Alhak, MSi ketika memberikan paparan pada Seminar Nasional yang dilaksanakan AKPARNAS Banjarmasin, Kamis (19/7/18 ).
Pada seminar dengan tema Peningkatan Kualitas SDM di Bidang Pariwisata dan Perhotelan, AKPARNAS mengundang Ikhsan Alhak dan GM Hotel Palm Ardiansyah, SE, sebagai pembicara.
Ikhsan mengungkapkan sebenarnya dunia pariwisata di daerah ini cukup menjanjikan. Hanya saja pengelolaannya belum maksimal. selain itu belum adanya dukungan dari pemerintah pusat.
Pemko, ungkap Ikhsan, terus bekerja keras menjadikan Banjarmasin sebagai tujuan pariwisata baik domestik maupun internasional.
Salah satu yang ingin digalakkan adalah susur sungai. Dan ini sudah dilakukan pemerintah daerah.
Di Banjarmasin, menurut Ikhsan, ada kurang lebih 30 titik tempat wisata yang bisa dikunjungi, termasuk menara pandang, makam Sultan Suriansyah.
Sebagai mahasiswa akademi pariwisata harus mengetahui tempat – tempat wisata di daerah ini.
” Dengan demikian diharapkan cakrawala berpikir mahasiswa semakin luas,” katanya.
Pariwisata sekarang ini, ungkap Ikhsan, sudah menjadi industri dan bisa memberikan kehidupan bagi masyarakat. Contoh di Bali dan NTB.
Kepada mahasiswa AKPARNAS, Ikhsan mengingatkan, hendaknya terus meningkatkan kemampuan mencari peluang usaha jika kelak sudah lulus.
Demikian juga dengan dosen di kampus ini, mereka diharapkan bisa menciptakan lulusan yang bisa bersaing dalam dunia pariwisata.
” Termasuk mencari peluang bekerja di hotel, ” katanya.
Sementara itu, pengelola Yayasan Pendidikan Bandarmasih ( YPB ) Banjarmasin Zairullah Azhar mengucapkan terimakasih kepada dua nara sumber yang sudah memberikan pencerahan kepada AKPARNAS Banjarmasin sehingga diharapkan bisa maju lagi.
Dan melahirkan mahasiswa handal serta bisa membuka wirausaha baru.

SKR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here